Railing Tangga

Pada hunian bertingkat, maka bagian tangga merupakan salah satu elemen yang kerap kali dipercantik dengan berbagai pilihan bentuk, model, dan juga gaya desain beragam. Tidak salah memang, karena tangga selain berfungsi sebagai akses penghubung antar lantai, juga bisa menjadi salah satu sisi visual yang bisa ditonjolkan keindahannya. Karena itulah, diluaran sana beredar banyak sekali ide desain yang mampu menambah kecantikan dari elemen penting pada hunian bertingkat ini.
Dan pada tangga, ada salah satu bagian yang sering dimodifikasi agar mampu mengubah penampilan tangga yang tadinya biasa saja menjadi jauh lebih menarik secara estetik. Bagian tersebut tentunya adalah railing tangga. Railing tangga merupakan bagian dari tangga yang berfungsi untuk pembatas dan juga pengaman. Dan salah satu railing tangga yang kini cukup populer yakni railing tangga kaca.

Nah jika ada diantara anda yang kebetulan sedang mencari informasi tentang railing tangga kaca, maka anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena kali ini kita akan mengulas secara lebih mendalam mengenai railing tangga kaca. Seperti apa sih karakter dari railing tangga kaca? Adakah kelemahan dari railing tangga kaca tersebut? Bagaimana teknik untuk mengaplikasikannya dan juga cara perawatan yang benar untuk railing tangga kaca? Untuk menjawab rasa penasaran anda, yuk langsung saja kita bahas bersama!

Kelebihan Railing Tangga Kaca

Untuk yang pertama, kita akan melihat dari segi kelebihannya dahulu. Railing tangga kaca banyak diminati karena memang mampu memberikan penampilan yang berbeda dibandingkan railing berbahan material jenis lainnya. Dengan menggunakan material kaca, maka tangga anda nantinya jadi terkesan lebih modern oleh keindahan yang ditawarkannya.
Kesan modern bisa anda dapatkan dari tampilannya yang transparan dan juga mengkilap. Tentu tampilan ini tidak anda dapatkan pada material lainnya. Dengan begitu, railing tangga dengan material kaca akan sangat cocok diaplikasikan pada rumah bergaya modern. Dimana keindahan estetiknya akan menunjang gaya modern yang coba anda maksimalkan.

Selain itu, railing tangga kaca juga akan cocok ditempatkan pada rumah minimalis. Karena sifatnya yang transparan, akan memberikan ilusi dan kesan ruangan yang lebih lapang. Terlebih untuk rumah dengan lahan yang terbatas. Penggunaan railing tangga kaca bisa menjadi pilihan tepat, untuk menghindari kesan ruangan yang sempit.
Untuk urusan harga juga bisa dikatakan masih terjangkau. Mengingat akan keindahan estetik yang ditawarkan, maka rasanya harga yang harus dibayarkan akan terasa cukup murah. Dari segi pemasangan juga tidak terlalu sulit dan rumit. Ada banyak jasa professional diluaran sana yang siap untuk membantu anda.

Kelemahan Railing Tangga Kaca

Yang berikutnya, kita akan melihat dari sisi kelemahannya. Ada sedikit kekurangan yang mengganjal pada penggunaan material kaca untuk railing tangga. Namun adanya kekurangan tersebut bukanlah sebuah hal yang besar, dimana tetap ada solusi terbaik untuk bisa meminimalisir potensi kelemahan tersebut.
Kelemahan pertama tentunya akan terlihat jelas. Kaca merupakan sebuah material yang mudah pecah. Sehingga ketika anda memutuskan untuk menggunakan railing tangga kaca, sangat wajar jika anda selalu cemas dan khawatir akan potensi mudah pecahnya kaca tersebut. Terlebih untuk tempat tinggal dimana ada anak-anak di dalamnya. Terkadang anak lepas pengawasan dalam bermain, sehingga tanpa sengaja memecahkan railing kaca. Tentu hal tersebut bisa berbahaya bagi keselamatan anak-anak.

Kemudian selain mudah pecah, tentunya juga rentan akan tergores. Goresan ini nantinya akan merusak penampilan yang ada. Semisal saat membawa barang melalui tangga, maka potensi akan adanya goresan bisa mudah terjadi jika tidak berhati-hati. Dan sedikit saja goresan sudah bisa merusak keseluruhan penampilan yang ada.

Memilih Jenis Kaca Yang Tepat

Setelah mendengar kelemahan yang sudah dijelaskan diatas, mungkin sekarang anda jadi sedikit ragu. Anda mulai menimbang kembali, apakah akan menggunakan railing tangga kaca, atau justru beralih ke railing tangga dengan material lainnya. Dan ada kabar baik untuk anda! Anda tidak perlu ragu lagi sekarang, karena dengan memilih jenis kaca yang tepat, maka aspek kelemahan diatas bisa anda tekan hingga cukup rendah.
Saat memutuskan untuk menggunakan railing tangga kaca, maka anda bisa memilih kaca tempered. Kaca tempered ini memiliki karakteristik mampu menahan angin, menahan beban, dan sanggup menahan tekanan tertentu. Sehingga bisa dikatakan jenis kaca ini adalah yang paling tepat dan ideal untuk anda gunakan sebagai material railing tangga kaca. Seandainya nanti terjadi hal yang tidak diinginkan hingga mengakibatkan kaca pecah, maka pecahan kacanya akan berbentuk bulat dan tumpul. Pastinya kelebihan ini mampu mengurangi resiko akan adanya cedera dan terluka.
Atau bisa juga memilih kaca yang menggunakan laminasi polivinil transparan. Dengan adanya laminasi ini maka kaca akan cenderung tidak mudah untuk pecah. Kalaupun nantinya pecah, maka serpihan pecahan kaca akan tertahan pada bagian laminasi tersebut. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir pecahannya akan melukai anggota keluarga anda.

Aplikasi Dan Perawatan

Kini tentunya anda sudah semakin mantap untuk menggunakan railing tangga kaca sebagai penghias akses penghubung hunian bertingkat milik anda. Untuk saran yang terbaik, kami rekomendasikan pemilihan kaca tempered dimana memiliki daya tahan yang prima, dan mampu memberikan rasa aman dalam jangka waktu yang lama. Dan untuk teknik pengaplikasiannya, kami memiliki sedikit tips untuk anda.
Sebaiknya anda menghindari adanya penggunaan satu lembar kaca yang berukuran besar dan panjang untuk railing tangga anda. Hal tersebut nantinya akan membuatnya jadi rentan pecah dan kurang kokoh. Teknik terbaik untuk mengaplikasikannya yaitu dengan menggunakan beberapa lembar kaca berukuran sedang yang dirangkai menjadi satu.

Dengan begitu, maka nantinya railing tangga kaca anda jadi lebih kuat karena lebar tumpuan beban yang ada semakin kecil. Selain itu, teknik ini nantinya juga akan memudahkan anda dalam pemasangan untuk tangga yang memiliki cukup banyak sudut. Kemudian dengan menambahkan lapisan kaca juga bisa menjadi tips yang ampuh. Karena semakin tebal railing tangga kaca, maka akan semakin kecil kemungkinannya untuk retak dan pecah.
Lalu bagaimana dengan perawatannya? Apakah membutuhkan perawatan yang rumit? Tentu tidak! Merawat railing tangga kaca akan sama mudahnya seperti anda melakukan perawatan pada jendela kaca. Tidak akan merepotkan kok!
Nantinya anda hanya perlu melakukan perawatan rutin, setidaknya seminggu sekali. Yang anda butuhkan hanyalah cairan pembersih kaca dan juga lap kaca dengan tekstur yang lembut. Semprot cairan pembersih tersebut ke railing kaca, dan usap perlahan hingga bersih dan mengkilap. Tidak merepotkan bukan? Jika ada noda yang menempel, segeralah untuk membersihkannya untuk mencegah munculnya jamur dan kerak.

Dengan Hand Railing, Atau Tanpa Hand Railing?

Untuk yang terakhir, mungkin anda akan kebingungan mengenai desain yang akan anda terapkan. Apakah akan menggunakan pegangan, yang disebut juga dengan hand railing, atau justru tanpa hand railing? Untuk hal ini sebenarnya akan sangat subyektif, tergantung tema seperti apa yang ingin anda hadirkan.
Desain tangga kaca tanpa hand railing mampu memberikan kesan tangga yang lebih minimalis. Tanpa adanya hand railing, maka anda akan lebih mendapatkan tampilan yang simpel dan sederhana, namun mampu memberikan tampilan yang manis. Hanya saja mungkin yang belum terbiasa menaiki tangga tanpa pegangan akan terasa aneh pada awalnya. Atau jika ada anggota keluarga berusia lanjut misalnya, tentu bisa kerepotan saat menaiki tangga model ini.
Lalu untuk desain tangga kaca menggunakan hand railing, pastinya akan terasa lebih nyaman. Adanya pegangan pada sisi railing, membuat anda bisa menaiki anak tangga secara lebih mantap. Untuk anggota keluarga yang berusia lanjut pun tentunya akan menjadi lebih aman karena adanya sandaran untuk menopang tubuhnya agar lebih seimbang.
Dari sisi penampilan juga tidak kalah mengesankan kok. Seperti pada contoh diatas misalnya. Hand railing bisa menjadi media untuk memberikan tampilan warna berbeda. Semisal penggunaan warna hitam, memberikan penampilan kontras yang membuat tampilan keseluruhannya menjadi lebih dinamis.
Nah itu tadi ulasan singkat yang bisa kami berikan mengenai railing tangga kaca. Semoga ulasan kali ini bisa menambah pengetahuan dan juga inspirasi bagi anda dalam mempercantik rumah hunian bertingkat milik anda. Sampai jumpa lagi pada pembahasan menarik berikutnya ya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by