PENGGUNAAN PERFORATED METAL UNTUK RUMAH HEMAT ENERGI

Dalam seni desain interior maupun eksterior rumah, tentunya ada banyak hal yang bisa dimanfaatkan guna memaksimalkan gaya yang ingin ditampilkan. Tidak ada batasan dalam hal ini, yang terpenting adalah selain mempercantik tampilan juga mampu memberikan aspek fungsional yang mendukung. Dan Perforated Metal adalah salah satunya yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikan rumah hunian semakin cantik, namun juga mempunyai fungsi tersendiri.
Sudahkah Anda mengenal Perforated Metal? Pastinya cukup banyak diantara Anda yang masih asing dengan salah satu material konstruksi bangunan ini. Meskipun sebenarnya material ini relatif lebih umum digunakan pada kawasan industrial, tapi ternyata bagus juga digunakan pada rumah hunian. Karena selain tampilannya yang dekoratif, juga memberikan manfaat lain dimana salah satunya adalah penghematan energi.

Nah karena itulah kali ini kita akan coba membahas secara lebih mendalam mengenai Perforated Metal. Sehingga nantinya bisa menambah wawasan Anda serta memberikan inspirasi untuk memperindah tampilan hunian Anda. Jadi jangan kemana-mana, simak terus ulasan berikut ini hingga selesai!

Apa Itu Perforated Metal?

Apa sih Perforated Metal itu? Perforated Metal adalah sebuah lembaran besi yang dicetak dengan menggunakan mesin untuk menciptakan sebuah pola seperti lubang ataupun bentuk-bentuk berpola lainnya sesuai dengan keinginan dan ketersediaan pola cetak yang ada. Jadi secara singkatnya Perforated Metal adalah lembaran besi yang memiliki lubang dengan bentuk pola-pola tertentu.
Perforated Metal sering juga disebut dengan plat perforated, lembaran perforated, maupun layar perforated. Meskipun penamaannya bisa berbeda, namun pada intinya merupakan material yang sama, yaitu lembaran besi yang berpola. Untuk bahannya bisa berupa stainless steel, baja canai dingin, baja galvanis, alumunium, tinplate, tembaga, monel, inconel, hingga titanium.

Sebagai wawasan tambahan, dulunya proses melubangi lembaran tersebut dilakukan secara manual. Dan pastinya sudah terbayang berapa banyak waktu yang dibutuhkan, belum lagi hasilnya yang tidak seragam satu dengan lainnya. Hingga pada akhirnya teknologi semakin maju, dan kini proses tersebut sudah dilakukan dengan mesin yang canggih. Sehingga waktu pengerjaan bisa lebih dipangkas, dan hasilnya pun semakin cantik dengan tingkat presisi yang tinggi.

Kelebihan Dan Kekurangan Perforated Metal

Sekarang kita coba melihat dulu mengenai kelebihan dari Perforated Metal. Apa saja sih keunggulan dari material ini? Keuntungan apa saja yang bisa kita dapatkan dengan menggunakan material Perforated Metal? Untuk lebih lengkapnya bisa Anda simak berbagai kelebihannya di bawah ini:

  • Memiliki unsur dekoratif yang tinggi, dengan berbagai bentuk motif pola yang menarik.
  • Memiliki variasi ketebalan yang cukup banyak, bisa Anda pilih sesuai kebutuhan

.

  • Memiliki beragam ukuran yang bisa dipesan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Mempunyai variasi dekorasi yang beragam, mulai dari pola sederhana hingga pola-pola rumit yang pastinya akan mempercantik desain rumah hunian Anda.
  • Bisa menghemat energi. Karena mampu meneruskan cahaya secara lebih baik dibandingkan material lain yang tertutup.
  • Dari segi aplikasi tentunya sangat mudah, mengingat karakteristiknya yang mudah untuk dibentuk serta mudah untuk dipasang.
  • Dari segi durabilitas, Perforated Metal memiliki daya tahan yang baik dan bisa digunakan untuk jangka panjang.
  • Dapat diaplikasikan pada berbagai bagian rumah, baik eksterior maupun interior. Misalnya saja sebagai partisi yang cantik untuk rumah dengan konsep open space.

Lantas apa saja kekurangan dari material perforated metal ini? Untuk kelemahannya bisa Anda lihat di bawah ini:
1.Yang pertama yaitu Anda perlu memberikan perhatian khusus dalam hal perawatannya. Mengingat adanya risiko berkarat, maka perlu adanya coating atau pelapis untuk melindunginya dari karat. Kelembaban juga harus dijaga agar tampilannya tidak mudah rusak.
2.Untuk urusan harga, bisa dikatakan Anda perlu merogoh kocek lumayan dalam. Namun tentu hal ini bukan jadi urusan besar mengingat apa yang akan didapatkan pastinya sebanding dengan harganya.
3.Jika sudah rusak, relatif sulit untuk diperbaiki agar nampak rapi seperti sedia kala. Contohnya jika terkena benturan, pasti akan berpengaruh terhadap tampilannya. Jadi perlu adanya pengawasan agar material ini terhindar dari berbagai hal tidak diinginkan yang bisa mengurangi keindahan penampilannya.

Dari hal di atas, Anda telah melihat kekurangan dari material perforated metal adalah dari segi perawatan dan juga harga. Dengan memperhatikan secara seksama mengenai perawatan dan maintenance, tentunya kekurangan tersebut bisa Anda minimalisir secara lebih maksimal. Begitu juga dengan harga, dimana dana yang Anda keluarkan nantinya akan terbayar dengan hasil akhirnya yang memuaskan.

Bentuk Perforated Metal

Apa saja sih bentuk-bentuk dari perforated metal? Untuk bentuknya seperti yang sudah kita ketahui bersama, perforated metal memiliki bermacam bentuk pola. Dari pola yang sederhana sampai dengan pola yang rumit. Berikut ini berbagai bentuk perforated metal yang bisa Anda temukan di pasaran:

1.standard round perforations 60º staggered

2.Straight line round perforations

3.Optional round perforations 45º staggered

4.Square perforations staggered

5.Straight line square perforations

6.Hexagonal perforations staggered

7.Ornamental perforations

8.Side staggered slots (atau rectangular)

9.Straight line rectangular (atau slot)

10.End staggered slots (atau rectangular)

Dari banyaknya variasi bentuk pola diatas, tentunya akan memberikan Anda lebih banyak pilihan dalam memilih mana yang cocok untuk gaya desain rumah Anda. Dan tidak hanya itu, Anda bisa mendapatkan pola unik lainnya, tentu dengan melakukan pesanan khusus. Tentu harganya menjadi sedikit lebih mahal, namun pastinya bukanlah masalah jika mampu membuat desain rumah hunian Anda jadi semakin cantik dan menarik.

Aplikasi Perforated Metal

Sekarang saatnya kita masuk ke dalam aplikasi material perforated metal ke dalam rumah hunian. Tentunya Anda jadi penasaran akan seperti apa pengaplikasian material ini ke dalam sebuah hunian. Yang pasti, akan menjadi cantik seperti pada beberapa contoh inspirasi di bawah ini:

Inspirasi yang pertama datang dari perforated metal yang digunakan sebagai partisi atau penyekat. Jika selama ini Anda memberikan partisi berupa lemari, mungkin kini sudah saatnya Anda mencoba menggunakan perforated metal seperti pada contoh inspirasi di atas. Terlihat sangat manis bukan?
Anda bisa gunakan lembaran yang memiliki motif atau ornamen bunga seperti diatas, yang mana akan sangat cocok digunakan pada ruang makan yang bersebelahan dengan dapur ataupun ruang tamu. Motif bunga yang manis dan pola lubang yang simpel, menjadikannya nampak pas untuk memisahkan dua fungsi ruang sekaligus memberikan aksen penyegaran yang berkesan alami.

Jika Anda memiliki hunian dengan lantai lebih dari satu, maka inspirasi ini tidak boleh Anda lewatkan begitu saja. Jadikan tangga pada rumah Anda tidak hanya sebagai penghubung antar lantai, tapi juga menjadi spot menarik dengan penampilannya yang sangat cantik. Dan itu bisa Anda dapatkan dengan mengaplikasikan perforated metal pada railing tangga Anda.
Contohnya saja seperti pada inspirasi diatas. Dengan menggunakan perforated metal berwarna merah, berhias pola semi acak yang menarik, menjadikannya sangat cantik menghias tangga rumah. Anda bisa mengubah warna anak tangga senada dengan warna perforated metal, ataupun menjadikannya kontras. Bisa juga menggunakan warna kalem jika Anda ingin memberikan penekanan ketegasan pada railing perforated metal tersebut.

Tidak hanya pada interior, tentunya material ini juga akan mempercantik fasad rumah Anda jika diaplikasikan pada sisi eksterior. Contohnya saja pada inspirasi di atas. Nampak semakin modern dan elegan bukan? Yang pasti akan menjadikan rumah hunian Anda semakin berkelas dengan desain seperti ini.
Dari semua inspirasi di atas, selain mendapatkan penampilan yang cantik, pastinya juga akan memberikan adanya penghematan energi pada hunian Anda. Dengan karakteristiknya yang mampu meneruskan cahaya dengan baik melalui pola lubang yang Anda, menjadikan ruang tidak nampak gelap karena cahaya alami bisa masuk secara sempurna. Pastinya Anda tidak memerlukan adanya banyak lampu, sehingga menjadikan rumah Anda hemat energi.
Nah itu tadi ulasan mengenai material perforated metal. Semoga bisa memberikan tambahan wawasan dan juga inspirasi bagi Anda. Kami harapkan ulasan kali ini bisa bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Open chat
Powered by