Penggunaan material polycarbonate sebagai pengganti kaca untuk kanopi yang hemat biaya

Jika berbicara mengenai sebuah rumah hunian yang nyaman, tentu tidak akan lepas dari adanya susunan material yang pas, tepat, dan juga sesuai. Dari beragam jenis material yang ada, sudahkah Anda mengenal material Polycarbonate? Salah satu material yang terbilang hemat biaya, namun bisa menjadi alternatif pengganti kaca dengan tampilan yang lebih memikat.
Kaca sendiri memang menjadi salah satu material yang sangat umum digunakan pada sebuah rumah. Namun jika Anda menginginkan sebuah penampilan yang berbeda, maka Polycarbonate bisa menjadi material yang tepat. Selain dari desainnya yang bisa mengubah penampilan jadi terkesan berbeda, Anda tentunya akan bisa menghemat biaya dibandingkan dengan penggunaan material kaca.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba mengaplikasikan Polycarbonate ke dalam rumah Anda? Jika iya, maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Karena kali ini kita akan coba mengulas lebih dalam mengenai material Polycarbonate. Jadi simak terus ulasan di bawah ini hingga selesai!

Kenali Lebih Jauh Polycarbonate

Sebelum memulai untuk mengganti kaca pada rumah hunian Anda dengan material Polycarbonate ini, maka tentunya Anda perlu mengenal dulu lebih jauh tentang material yang satu ini. Polycarbonate atau yang sering disingkat menjadi PC ini merupakan material yang termasuk dalam kelompok polimer termoplastik.
Disebut Polycarbonate karena material ini terdiri dari polimer dengan gugus karbonat (-O-(C=O)-O-) dalam rantai molekuler yang panjang. Jika Anda kurang suka dengan penjelasan yang terlalu teknis, maka bisa dengan mudah digambarkan bahwa Polycarbonate merupakan material plastik yang mirip dengan kaca, namun memiliki karakteristik yang berbeda.

Salah satu contohnya yaitu Polycarbonate mampu mentransmisikan cahaya seefektif kaca, namun memiliki bobot yang jauh lebih ringan hingga 10 sampai 20 kali dari kaca. Untuk ketahanannya, material ini memiliki kekuatan berkali-kali lipat dari kaca yang memang rentan akan pecah. Tak lupa dari segi biaya, Polycarbonate jelas jauh lebih murah dibandingkan dengan kaca.

Untuk lebih jelasnya Anda bisa simak berbagai karakteristik dari material Polycarbonate ini:

√ Dibentuk

Diatas sudah disebutkan bahwa Polycarbonate merupakan material yang tergolong dalam polimer termoplastik. Secara mudahnya, Polycarbonate merupakan material yang terbentuk dari plastik dengan cara dipanaskan pada suhu dan juga teknik tertentu. Berdasarkan hal inilah Polycarbonate menjadi material yang mudah untuk dibentuk dan juga tentunya mudah untuk didaur ulang.

√Filter Sinar UV Yang Baik

Polycarbonate merupakan plastik sangat transparani yang memiliki ketahanan tinggi terhadap dampak cahaya matari. Maka tak heran jika material ini sering disebut sebagai filter sinar UV alami, karena memang memiliki karakter yang berbeda dengan kaca. Meskipun sama-sama bisa mentransmisikan cahaya matahari, namun bahan Polycarbonate sanggup memfilter sinar UV secara lebih efektif dibandingkan dengan material kaca.

√Ramah Lingkungan

Material Polycarbonate disebut sebagai material yang ramah lingkungan tentu tidak lepas dari karakternya yang mudah untuk di daur ulang. Melalui proses pembuatannya yang dipanaskan untuk menjadikannya ke dalam bentuk tertentu, maka pastinya akan sangat mudah juga untuk mendaur ulang material ini.

♦ Dan Kekurangan Polycarbonate

Setelah lebih mengenal material Polycarbonate melalui karakteristiknya, maka sekarang tentunya Anda penasaran dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan material yang satu ini. Jadi sekarang langsung saja kita lihat apa saja sih kelebihan dari material Polycarbonate:

1. Memiliki berat yang ringan, karena memang material ini sejatinya adalah plastik. Berbeda dengan kaca yang tentunya memiliki bobot yang jauh lebih berat.
2. Untuk urusan harga terbilang jauh lebih murah dibandingkan material kaca. Jadi akan sangat cocok bagi yang ingin adanya penghematan dalam anggaran.
3. Memiliki kekuatan yang jauh lebih tinggi dibandingkan kaca. Berbeda dengan kaca yang rentan akan pecah, maka material ini memiliki daya tahan yang jauh lebih baik.
4. Sangat mudah dalam aplikasinya pada rumah hunian. Karena sifatnya yang mudah untuk dipotong dan juga dibentuk.
5. Memenuhi standar dari Greenship atau Rating Bangunan Hijau, karena karakternya yang mudah untuk didaur ulang.

Lantas apa sajakah kekurangan dari material Polycarbonate ini? Tentu ada saja kekurangannya yang perlu Anda ketahui. Yuk simak beberapa kekurangannya di bawah ini:
1. Meskipun memiliki daya tahan yang cukup prima, namun Polycarbonate bisa juga tergores. Hal ini diakibatkan oleh adanya paparan sinar matahari terus menerus dan bisa juga karena faktor usia pemakaian. Tapi jangan khawatir karena Anda bisa mengatasinya dengan memberikan pelapis khusus untuk Polycarbonate.
2. Akan tetapi, perlu Anda ketahui bahwa bahan pelapis untuk Polycarbonate terbilang cukup mahal. Jadi Anda perlu adanya anggaran lebih untuk mengatasi adanya risiko goresan di atas.
3. Untuk garansi warna dan juga ketahanan terhadap sinar matahari cukup terbatas. Biasanya hanya 10 tahun saja.

Inspirasi Penggunaan Polycarbonate

Setelah mengenal lebih dalam material Polycarbonate, kini saatnya Anda melihat berbagai inspirasi penggunaan material ini ke dalam rumah hunian. Tidak hanya memberikan aspek fungsi yang maksimal, namun tentunya Polycarbonate juga memberikan sebuah gaya tersendiri yang akan membuat hunian Anda semakin cantik. Contohnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Polycarbonate bisa Anda gunakan sebagai material untuk atap pada bagian teras rumah. Dibandingkan dengan atap biasa, penggunaan Polycarbonate bisa menjadikan view dari teras rumah Anda menjadi lebih luas. Terutama jika ada pepohonan menyejukkan di depan teras rumah Anda. Cukup tambahkan saja beberapa lampu kecil, agar tampilannya jadi semakin cantik di malam hari.

Dibanding menggunakan dinding biasa pada lorong atau selasar antar ruang, maka Anda bisa berkreasi dengan Polycarbonate untuk tampilan yang lebih menawan. Seperti pada ide inspirasi diatas misalnya. Pastinya akan memberikan kesan yang jauh lebih menarik, dengan adanya nuansa terang alami dari material ini. Yang pasti hunian Anda jadi lebih hemat energi karena tidak perlu adanya lampu tambahan pada siang hari.

Tidak ketinggalan area dapur bisa juga menjadi lebih cantik dengan penggunaan material Polycarbonate. Contohnya pada inspirasi di atas ini. Anda akan mendapatkan kesan yang jauh lebih lega dan luas, karena sifat material ini yang memendarkan cahaya. Tidak perlu takut dengan kesan monoton, karena ada berbagai frame sambungan Polycarbonate dengan berbagai warna yang bisa menambah aksen pada dapur Anda nantinya.

Ingin memiliki ruang keluarga dengan suasana yang lebih hangat? Polycarbonate bisa mewujudkannya untuk Anda. Dengan pemilihan material Polycarbonate, maka suasana ruang keluarga akan nampak semakin cerah yang jauh dari kesan menyilaukan. Tidak perlu lampu lagi di siang hari, Anda sudah mendapatkan ruangan yang terang tanpa perlu khawatir akan adanya terik sinar matahari berlebih.
Nah itu tadi ulasan mengenai material Polycarbonate yang bisa Anda gunakan sebagai alternatif untuk pengganti material kaca. Selain bisa menghemat lebih banyak biaya, maka Anda juga bisa mendapatkan kesan tampilan yang lebih menawan. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!